05 Juni 2021

Istilah domain dan hosting

 Banyak yang masih awam tentang istilah ini.Apa sih itu domain dan apakah yang di maksud dengan hosting.Ini semua berkaitan dengan sebuah website atau orang yang ingin bergelut di bidang pembuatan  website.Penjelasannya adalah seperti ini:

1.Domain adalah nama website misalnya : aku.com;yahoo.com,google.com ; aku.net; aku.co.id dan lain sebagainya

2.Hosting adalah tempat menyimpan  data text photo,video,email,file dan lain sebagainya yang biasanya diberi besaran data yang banyak disimpan dengan istilah  GB (gigabyte)

Penjelasannya adalah domain adalah nama website atau alamat website istilahnya kalau di dunia nyata adalah alamat rumah.Dan hosting adalah wujud nyata rumah atau bangunannya.Jadi kalo kita cari alamat rumah misalnya dan tentunya harus ada bentuk rumah atau bangunannya bukan seperti itulah kira kira.

Dan mungkin masih ada yang bertanya : "kalau saya mau bikin website apa saja yang di perlukan? ya jawabannya dua item yang diatas tadi yaitu domain dan hosting.Dan biasanya dua item tadi tidak bisa gratis alias berbayar dan pembayarannya biasanya pertahun.

Mungkin pertanyaan tersebut akan berlanjut lagi seperti ini:'mas saya pengen bikin website tapi yang gratis bisa gak? dan jawabannya adalah bisa sekali anda bisa mendaftar di blogspot.com,wordpress.com,blogsome.com dan masih banyak situs yang menyediakan pembuatan website secara gratis tentu nama alamat atau domainnya menjadi panjang misalnya aku.blogspot.com,aku.wordpress.com atau aku.wix.com jadi karena gratis namanya menjadi panjang dan susah diingat orang makanya ada penyedia atau penjual domain karena masalah ini.

Sebelum kepertanyaan selanjutnya banyak juga yang bertanya apasih bedanya blog dengan website jawabnnya adalah website adalah tidak interaktif (statis) alias ada kolom tanya jawab yang membuat nya berbeda  contohnya adalah website pemerintah.

Nah kalau blog adalah mirip seperti website namun interaktif dan para pembacanya bisa saling komentar dan berbagi link untuk saling berkunjung blog di antara blog pribadi mereka.

Misalnya ada yang bertanya lagi :" Bisa gak sih kalau blog di jadikan website? dan jawabannya adalah bisa sekali ,anda tinggal membeli domain saja dan tidak usah membeli hosting karena hosting sudah ada tersimpan di blog dan caranya tinggal mengarahkan nama domain anda ke blog. Tetapi anda tidak bisa membuat email pribadi dengan nama domain tersebut karena tidak mempunyai hosting sendiri.Contoh email pribadi adalah misalnya aku@.nama website.com.

Pertanyaan selanjutnya misalnya kalau saya punya bisnis perlu gak sih saya punya domain dan hosting? Jawabannya adalah perlu karena jika kita memiliki bisnis dan ingin ikut tender biasanya di wajibkan memiliki email berbayar tidak yang gratisan seperti yahoo.com atau gmail.com.Ini untuk mencegah penipuan lelang sebuah tender dan juga indikasi sebuah bisnis yang serius tidak main main karena memiliki email berbayar tersendiri.Dan biasanya untuk bisnis dan mengikuti lelang atau tender tidak perlu mempunyai website sendiri yang penting memiliki email sendiri yang berbayar dalam mengajukan harga dalam tender tersebut.

Dan itu semua tadi adalah penjelasan singkat apa itu domain dan apa itu hosting ,jika kalian para pembaca masih bingung ,silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar ya? siapa tahu solusinya terpecahkan


.




 



 

0 comments:

Posting Komentar

silakan komentar anda disini

Entri yang Diunggulkan

y2mate.com diblokir

Mimin hari ini mau download video youtube dengan cara  copy link video youtube di paste ke y2mate.com dan hasilnya adalah seperti ini: Dan s...

 
Blogger Templates