22 Desember 2020

cara service printer sederhana

 Saat bekerja dari rumah kita selalu menggunakan komputer dan internet kadang2 kita juga membutuhkan mencetak hasil kerja kita melalui alat yang bernama printer,Disaat sedang sibuk sibuknya bekerja dari rumah pernah sesekali printer yang kita gunakan ngadat di tengah jalan.Hal ini tentu membuat panik dan emosi.Sering keadaan seperti ini kita berpikir printer yang bermasalah atau rusak  ,padahal tidak selalu demikian.Berikut langkah2 trouble shooting penangan masalah printer secara sederhana.

1.Pertama pastikan kabel power telah tersambung dengan listrik

2.Pastikan jika listrik sudah tersambung dengan melihat lampu power printer menyala,jika masih belum bisa melakukan print atau mencetak,periksa kabel usb yang ada di printer sudah menancap di laptop atau pc.

3.Jika kabel listrik maupun usb sudah tersambung dengan baik namun belum dapat mencetak perhatikan lampu printer apakah blinkking atau berkedip lebih dari satu? (khusus printer ink tank)

4, Jika masih berkedip lihat kondisi tinta masih terisi penuh atau sudah habis jika sudah habis segera lakukan pengisian tinta agar tidak merusak head printer.Jika printer deskjet semacam hp lakukan buka cover printer biarkan posisi printer default akan secara otomatisa berada di tengah (biasanya ini akan seperti ini jika kita akan mengganti tinta yang baru)

5.Pada printer Deskjet cabut salah satu tinta printer dan mulai lakukan pencetakan jika berjalan dengan baik maka tinta yang di cabut dalam kondisi rusak atau habis tintanya,segera lakukan penggantian tinta yang baru jangan sering melakukan refil tinta karena akan  merusak head carriage printer yang mengakibatkan hilangnya garansi printer.

6,Jika printer epson rata2 jika di gunakan hasilnya selalu bergaris itu tandanya head printer mulai mampet segera lakukan pengisian tinta dan lakukan head cleaning agar hasil pencetakan tidak bergaris. (biasanya ini terjadi karena printer jarang di gunakan untuk mencetak sehingga head mulai mengering)

7.Jika semua tadi sudah dilakukan periksa juga apakah driver printer perlu di update atau tidak

8.Jika semua step telah di lakukan dan tidak ada hasilnya segera anda bawa ke tempat service printer agar printer tidak bertambah parah kerusakkannya.

Selamat bekerja

0 comments:

Posting Komentar

silakan komentar anda disini

Entri yang Diunggulkan

y2mate.com diblokir

Mimin hari ini mau download video youtube dengan cara  copy link video youtube di paste ke y2mate.com dan hasilnya adalah seperti ini: Dan s...

 
Blogger Templates