09 Desember 2020

Whatsapp vs Telegram

Saat ini banyak aplikasi messenger yang ada di playstore dan dapat kita gunakan secara gratis.Pertama kali mric,yahoo messenger,BB messenger,fb messenger dan lain sebagainya.Semua aplikasi messenger bisa saling mengirimkan chat ,foto ,data.video,atau link tautan setiap situs internet.Semua sudah menggunakan end to end encription,untuk menjaga data atau pembicaraan chatting  tidak bisa diretas atau bisa di baca pihak lain.Kali ini kita bandingkan kelebihan dan kekurangan 2 aplikasi ini dalam bentuk penggunaannya atapun kehandalan penggunaanya.

 Aplikasi whatsapp berasal dari negara Amerika ,aplikasi telegram berasal dari Rusia Whatsapp mampu membuat group dengan member hingga 10.000 orang anggota,sedangkan telegram mampu membuat group dengan member 100.000 orang anggota. 

 Sekali kirim file whatsapp hanya di batasi hingga 62 megabyte sekali kirim,sedangkan telegram mampu mengirimkan file 1,6 Gyga Byte.

 Whatsapp chat jika terkirim tidak dapat di edit lagi maka jika salah harus dikirim lagi chat yang sudah direvisi,sedangkan Telegram jika sudah terkirim chat yang ada atau yang sudah terkirim bisa langsung di koreksi tanpa mengirim chat yang baru dan telah di koreksi.

 Whatsapp bisa membuat update status macam sosmed facebook sedangkan Telegram belum ada fitur tersebut. Telegram bisa sekaligus membuat blogging atau semacam website sedangkan whatsapp belum ada fitur ini. 

 Whatsapp jika mendapat file berupa video harus di download dahulu agar bisa melihat isi video yang di kirim sehingga akan membuat memory di ponsel menjadi cepat penuh dan membuat ponsel bisa menjadi lemot.Sedangkan Telegram jika mendapat file berupa video langsung bisa di play tanpa harus mendownload dahulu karena file yang ada sudah tersimpan di server Telegram. 

 Whatsapp jika nomer yang sudah tersimpan dan di beri nama kontak akan berubah namanya jika aplikasi pengirim dan penerima tidak di update biasanya nama kontak menjadi nomor ponsel sehingga harus melihat lagi pemilik nomer hape tersebut milik siapa. Sedangkan Telegram update maupun tidak update nomer ponsel yang sudah kita namai kontak person akan tetap menjadi nama dan tidak pernah berubah menjadi nomer ponsel dalam kontak . 

 Jika terjadi suatu kejahatan ,chat pembicaraan whatsapp bisa disadap dan diambil datanya oleh pihak yang berwajib.Sedangkan pengguna Telegram datanya tidak bisa di ambil oleh pihak manapun dan tetap terencriptsi dengan baik bahkan si pemilik aplikasi telegram pun tidak dapat melihatnya. 


 Di Indonesia orang lebih terkenal Whatsapp di bandingkan dengan Telegram terbukti jika ketemu teman lama pasti minta nomer Wa di bandingkan dengan nomer Telegram.Nah itu semua kelebihan dan kekurangan2 aplikasi messenger antara Whatsapp dengan Telegram silahkan anda pilih yang sesuai dengan pribadi anda.Dan selamat mencoba!
























0 comments:

Posting Komentar

silakan komentar anda disini

Entri yang Diunggulkan

y2mate.com diblokir

Mimin hari ini mau download video youtube dengan cara  copy link video youtube di paste ke y2mate.com dan hasilnya adalah seperti ini: Dan s...

 
Blogger Templates